Sri Hastuti, S. Pd., M.Pd.

Sri Hastuti atau Diena Esha Hastuti dilahirkan di Ngawi tanggal 24 Juli. Lahir dibawah naungan zodiak LEO. Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama...

Selengkapnya
Navigasi Web
KOMUNIKASI DALAM KELUARGA PENTING  TIDAKKAH?

KOMUNIKASI DALAM KELUARGA PENTING TIDAKKAH?

KOMUNIKASI DALAM KELUARGA PENTING TIDAKKAH?

Tantangan hari ke-96

#Tantangan Gurusiana

By : Sri Hastuti, S.Pd.,M.Pd. ( PS Dindik Kab.Bojonegoro)

Komunikasi menurut semua orang sangatlah penting. Urusan atau segala aktivitas membutuhkan komunikasi yang baik, komunikasi yang efektif dan sehat. Komunikasi yang buntu akan menyulitkan kita bahkan akan menimbulkan miss komunikasi, menjadi tidak jelas dan dapat menimbulkan permasalahan yang baru. Sebuah keluarga yang harmonis pasti terjalin komunikasi yang baik antara suami-isteri, orang tua dan anak juga anggota keluarga lainnya. Dalam suasana kerja tanpa adanya komunikasi yang efektif maka mempengaruhi kinerja kita. Seperti anggapan orang bahwa sukses tidaknya kita dalam segala aktivitas berawal dari komunikasi yang baik.

Apabila kita membaca tulisan atau komentar di sosial media, dengan mudahnya satu orang dengan orang lain saling bersaut-sautan berkomentar dengan berbagai sudut pandangan, saling menyudutkan, saling menyalahkan tanpa memastikan kebenaran dari informasi tersebut. Justru semakin memperkeruh suasana, bahkan ada yang membully tanpa merasa salah, membesar-besarkan masalah yang sebenarnya tidak ada yang salah, yang benar disalahkan yang salah dibela dan sebagainya. Tetapi banyak juga yang bijak dalam membaca, menanggapi dan mencari titik tengah atau mengambil hikmah dari segala topik permasalahan yang terjadi.

Semua tahu bahwa komunikasi merupakan suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang kelompok organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Umumnya komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Pengertian komunikasi dapat dimaknai sebagai jalannya proses dimana seseorang maupun sekelompok orang menciptakan serta menggunakan sejumlah informasi agar saling terhubung dengan lingkungan sekitar. Menurut seorang ahli komunikasi, Anwar Arifin arti komunikasi adalah jenis proses sosial yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia serta sarat akan pesan maupun perilaku. Menurut Skinner, komunikasi sebagai suatu perilaku lisan maupun simbolik dimana perilaku berusaha memperoleh efek yang digunakan.

Jenis-jenis komunikasi yang kita kenal yaitu komunikasi satu arah artinya komuniasi yang berasal dari salah satu pihak. Komunikasi dua arah yaitu komunikasi yang lebih dari satu arah, saling memberikan timbal balik. Komunikasi ke bawah antara atasan kepada bawahan. Komunikasi ke atas, yaitu komunikasi yang berasal dari seorang karyawan kepada atasannya,oleh Guru kepada Kepala Sekolah, dari Kepala Sekolah kepada Pengawas, dan seterusnya. Komunikasi ke samping yaitu komunikasi antara beberapa orang kepada teman sejawatnya atau pada kedudukan atau jabatan yang sama.

Secara umum tujuan komunikasi adalah:

1. Untuk menciptakan kesepahaman antara kedua belah pihak atau lebih

2. Menyampaikan maksud, keinginan, atau hal-hal yang akan disampaikan

3. Agar mampu memahami maksud perkataan atau ucapan baik lisan maupun tertulis dari orang lain

4. Agar ide, gagasan maupun pemikiran dapat diterima atau dipahami serta dimengerti orang lain

5. Menggerakkan orang lain untuk mengerjakan/ melaksanakan sesuatu

Selain tujuan maka ada fungsi komunikasi, yaitu:

1. Menyampaikan informasi

2. Sebagai bentuk hubungan atau interaksi

3. Menambah wawasan, pengetahuan

4. Sebagai alat transfer ilmu pengetahuan

5. Sebagai ajang silaturahmi menambah kolega, pertemanan, mempererat persaudaraan

6. Mempelajari situasi yang terjadi

7. Melakukan pengendalian

8. Sebagai bentuk ekspresi, mengubah sikap dan perilaku, memberikan masukan, nasihat, teguran

9. Menghindari mis komunikasi dan meminimalisir pertengkaran

10. Sebagai benteng diri, menyatakan kebenaran atau pembelaan, serta fakta, kejujuran,dsb

Bagaimana melatih anak di dalam keluarga agar dapat berkomunikasi dengan baik?

Pertama: berikan perhatian kepada anak-anak kita dengan memperhatikan asupan gizi, belajar, bermain, dan segala aktivitas kesehariannya.

Kedua: ajak bicara dengan menanyakan apa aktivitas hari ini, dengan siapa bermain, di mana belajarnya,mengapa belum makan, belum mandi dan sebagainya.

Ketiga,menciptakan suasana yang ceria dan aktivitas yang menyenangkan penuh dengan cinta, kasih dan sayang

Ke-empat : Selalu menyapa dengan mengucapkan salam, senyum, sopan dan santun

Kelima : selalu rajin mendampingi, membimbing, dalam segala suasana

Ke-enam : mengajak seluruh anggota keluarga terlibat dalam diskusi tentang segala hal yang bisa disampaikan dan yang sesuai taraf perkebangan anak.

Ketujuh : membiasakan dengan ucapan tolong, maaf dan ucapan terima kasih saat ada anggota keluarga yang melakukan aktivitas atau membutuhkan bantuan, jika melakukan kesalahan dan telah mendapatkan bantuan dan sebagainya.

Di tengah dunia yang serba modern ini, dengan alat komunikasi yang canggih, gadget, HP yang hampir semua anggota keluarga memilikinya maka komunikasi di dalam keluarga sudah minim sekali karena masing-masing disibukkan dengan kesibukkan masing-masing. Komunikasi menjadi jarang dilakukan, terkadang egoistis, suka asyik dan menyendiri, tertawa sendiri dengan menonton acara pada Youtube, asyik dengan group WA, IG,Telegram, aplikasi game yang ribuan membuat komunikasi diantara anggota keluarga mulai terkikis. Menyikapi hal yang demikian maka semua kembali kepada kita bagaimana menjadikan dan mengembalikan komunikasi yang efektif di tengah keluarga yang mana sangat membutuhkan keteladananan kita sebagai orang tua dan guru di rumah.***has***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Salam literasi

14 Jul
Balas

Keren.tanpa komunikasi kita bisa vakum

14 Jul
Balas

Mantap ibi cantik, terima kasih sudah berbagi dengan kita semua.. Ilmunya sangat bermanfaat.. Sukses ya bu

14 Jul
Balas

mengembalikan komunikasi yang efektif di tengah keluarga yang mana sangat membutuhkan keteladananan kita sebagai orang tua dan guru di rumah, super sekali

14 Jul
Balas

Terimakasih Bu Fifit W.salam

14 Jul

.mantap, komunikasi penring sekali ya bun. Sukses selalu

14 Jul
Balas



search

New Post